asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pernahkah sobat berfikir bagaimana internet itu bekerja?
Karena sebenarnya saat kita mengetik sebuah alamat atau sebuah url pada browser kemudian menekan tombol enter, Didalamnya terdapat sebuah proses yang sangat rumit.
Bisa diibaratkan prosesnya seperti sebuah pengiriman paket yang terdapat pada kantor pos, Ketika kita melakukan permintaan untuk mengakses suatu halaman web. Permintaan kita itu akan dibungkus suatu paket, Agar paket tersebut dapat mengetahui alamat yang dituju maka perlu diberi label.
Label tersebut berisi tentang alamat pengirim, alamat penerima dan paket tersebut.
Bagaimanakah Internet Bekerja?

Sebelum dikirim ke internet, Paket tersebut harus melalui jaringan local kita atau yang biasa disebut dengan LAN (Local Area Network).
Didalam jaringan LAN ini paket-paket bepergian/bersliweran tanpa terkendali sehingga sering terjadi tabrakan paket.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Muncullah suatu penghala yang mengatur kemana paket itu akan pergi, Penghala ini dikenal dengan nama router. Router ini mengantar paket-paket tersebut menuju jaringan local perusahaan/server dari url yang kita tuju.
Sebelum masuk ke jaringan local, Paket-paket tersebut akan dialihkan lagi sesuai dengan jalur mereka oleh si pengalih penghala.
Pengalih penghala ini dikenal dengan nama switch, Kemudian paket-paket yang baru datang ini disusun oleh suatu protocol atau aturan yang bernama proxy.
Proxy ini berguna untuk mengatasi muatan yang berlebihan dan juga untuk keamanan jaringan perusahaan tersebut, Disini pula paket tersebut dibuka dan alamat yang diminta pun akan dicari.
Untuk beberapa kasus seperti permintaan alamat url yang diblok oleh perusahaan, Maka paket itu akan dihancurkan dan paket yang disetujui akan dilanjutkan kembali menuju internet.
Sebelum paket tersebut dikirim ke internet, Paket ini harus melalui sebuah dinding yang disebut dengan firewall, Penjelasan mengenai firewall silahkan baca pada artikel berikut Pengertian Firewall, Fungsi dan Manfaatnya.
Bagaimanakah Internet Bekerja?

Firewall disini bertugas untuk mencegah hal-hal yang berbahaya dari internet yang masuk ke jaringan local (intranet) perusahaan.
Setelah melewati firewall, Paket ini akan diantarkan oleh router menuju jalur yang tidak terlalu berliku-liku dan akhirnya paket-paket itu sampai dijaringan yang jauh lebih luas yaitu internet, Dimana semua jaringan local yang ada didunia saling terhubung membentuk satu kesatuan seperti jaring laba-laba.
Bagaimanakah Internet Bekerja?

Jalur yang digunakan oleh paket biasanya melalui satelite, Sambungan telphone, nirkabel, dan juga kabel lintas samudra, Nah ketika paket ini akan sampai pada tujuan akhir, Paket tersebut masih harus melewati dinding firewall yang mana hanya paket-paket yang memenuhi kriteria lah yang dapat melewatinya, Kemudian paket tersebut dibongkar dan diambil isinya lalu ditampilkan oleh browser kita, Dan paket tersebut akan didaur ulang dan siap untuk diisi oleh permintaan kita yang lainnya.
Seperti itulah gambaran dari proses internet bekerja, Prosesnya memang begitu cepat, Bahkan hanya dalam hitungan detik saja, Namun dalam sebuah proses tersebut bayak sekali tahapan yang harus dilalui.

Loading...