asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Perangkat keyboard pada sebuah laptop atau netbook merupakan perangkat yang sangat vital fungsinya, keyboard pada laptop berfungsi untuk memasukkan perintah teks atau data numerik dan jenis-jenis data dengan menekan tombol pada keyboard.

Dalam setiap tombol yang tersedia pada keyboard baik itu pada komputer(PC) maupun laptop juga memiliki fungsinya masing-masing, Untuk penjelasan mengenai fungsi dari tombol-tombol pada keyboard bisa dibaca pada artikel berikut Mengenal Fungsi Tombol Tombol Pada Keyboard.

Pada artikel kali ini admin soy media akan membahas mengenai cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak, Sebelum mulai memperbaiki keyboard yang bermasalah, Sebaiknya sobat mendiagnosa kerusakan terlebih dahulu apakah kerusakan karena hardware atau karena masalah lainnya.

9 Cara Terbaik Memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak



Berikut cara mengatasi keyboard yang bermasalah.

1. Restart laptop atau netbook.
Jika sobat menemui masalah pada keyboard sobat, Sebaiknya restart laptop sobat terlebih dahulu. Me-restart laptop merupakan langkah pertama yang harus sobat lakukan sebelum melakukan tindakan lainnya pada penanganan masalah pada keyboard tersebut.
Jika tidak dapat direstart, Sobat dapat menekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop tersebut mati.

2. Memperbaiki keyboard error karena tombol keyboard terbalik, Contohnya saat ketik huruf akan tetapi berubah menjadi angka, Caranya dengan :
- Tekan tombol "FN+F11" secara bersama, Kemudian test apakah sudah normal atau belum.
- Jika cara diatas belum berhasil, Tekan "Tombol NumLk+FN" secara bersamaan.
- Jika belum berhasil juga, Coba tekan "Tombol FN+F11+Shif" secara bersama dan tahan beberapa detik kemudian lepaskan.

Catatan : Cara diatas hanya berlaku jika keyboard laptop sobat masih normal dan tidak ada masalah pada hardware.

3. Huruf pada keyboard selalu kapital (Besar) atau caps lock selalu aktif.
- Buka "Control panel"=>"Regional and Language"=>"Keyboard and Languages" klik tombol "Change keyboard" (lihat gambar dibawah ini).
9 Cara Terbaik Memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak


- Pilih tab "Advanced key settings" kemudian pilih tombol "Change key sequence".
9 Cara Terbaik Memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak


- Kemudian pilih "not assigned"=> klik "Ok", terakhir klik "Apply".
9 Cara Terbaik Memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak


Catatan : Tujuan dari cara diatas adalah agar fitur "Sticky keys" tidak berfungsi meskipun dalam posisi on. Biasanya sticky keys akan On ketika kita menekan tombol shift berkali-kali.
4. Bersihkan keyboard dari kotoran dan debu.
Diantara penyebab keyboard laptop bermasalah adalah adanya debu atau kotoran yang terdapat pada celah-celah keyboard. Jika dibiarkan, Debu-debu tersebut bisa menyebabkan keyboard sobat menjadi bermasalah.
Bersihkan keyboard sobat dengan menggunakan alat penyedot debu (jika punya) dan bersihkan pelan-pelan ke seluruh bagian keyboard.
Miringkan laptop untuk mengeluarkan kotoran yang ada didalam celah-celah keyboard pada sudut 75 derajat, atau 90 derajat jika diperlukan.
Catatan : Sebelum membersihkan keyboard laptop, Pastikan laptop sobat dalam keadaan mati.

5. Perbaiki driver keyboard.
Keyboard yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh driver keyboard sobat yang tida update atau ada aplikasi perusak yang menyebabkan keyboard kurang responsif.
Untuk mengatasinya, Sobat dapat memeriksa apakah driver keyboard bekerja dengan baik atau tidak melalui "Device manager". Caranya :
- Klik "start"=>"Control panel"=> Klik "System and security" dan pilih "Device manager".

9 Cara Terbaik Memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak

- Didalam device manager, Sobat akan menemukan "Driver" untuk semua hardware, Pilih "keyboard" dan sobat akan menemukan pilihan menu "driver"dibawahnya. 

Jika terdapat segitiga kuning dengan tanda seru didalamnya berarti ada masalah pada driver keyboard sobat, Sebaiknya sobat update dengan mengunduh driver keyboard dari situs resmi merk laptop sobat.

6. Restore windows.
Jika keyboard sobat mengalami masalah atau berhenti bekerja setelah menginstal aplikasi atau mengutak-atik pengaturan laptop sobat, Coba untuk merestore windows sobat ke kondisi sebelumnya.
Jika windows sobat belum memiliki point restore, Silahkan baca artikel berikut untuk membuat system point restore pada windows.
  1. Membuat Restore Point Untuk Windows 7.
  2. Membuat Restore Point Untuk Windows 8.
  3. Membuat Restore Point Untuk Windows 10.
  4. Membuat Restore Point menggunakan Software Restore Point Creator.


7. Masalah pada konector keyboard.
Jika berbagai cara telah dilakukan akan tetapi masih bermasalah juga, Ada baiknya sobat bongkar keyboard laptop tersebut, Masalah pada konector keyboard seperti rusak, Tertekuk, Renggang, atau bahkan terlepas bisa saja terjadi.
Periksa konector keyboard yang terhubung ke motherboard dan jangan lupa untuk membersihkan sensor keyboard dengan kain halus dan bersih, Sensor adalah penggerak kecil yang berbentuk foil dengan bentuk sebuah baris.

8. Cara alternatif.
Jika keyboard laptop bermasalah disaat sangat dibutuhkan, Menggunakan keyboard eksternal merupakan alternatif sementara yang bisa sobat gunakan.
Selain menggunakan keyboard eksternal, Sobat juga bisa memanfaatkan fitur "On screen keyboard" yang terdapat didalam Os windows. Untuk mengaksesnya silakan sobat klik "Start"=>"All program" =>"Accesories"=>"Ease of acces"=>"On screen keyboard".
9 Cara Terbaik Memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak


9. Bawa ke teknisi komputer.
Tips yang terakhir merupakan cara yang terakhir dan pertama, Maksud dari cara terakhir adalah buat sobat yang sudah melakukan berbagai cara perbaikan akan tetapi membuahkan hasil, Maka cara terakhir adalah dengan membawa laptop sobat ke service center merk laptop tersebut, dan maksud dari cara pertama adalah untuk sobat yang tidak paham sama sekali mengenai komputer dan jika memperbaiki sendiri tapi takut tambah rusak parah, Maka sebaiknya bawa laptop sobat ke teknisi-teknisi komputer yang berpengalaman dibidangnya.
Loading...