asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Penggunaan komputer atau laptop untuk saat ini sudah menjadi hal yang sangat penting, Banyak hal yang bisa kita lakukan saat didepan komputer atau laptop.
Akan tetapi ada hal yang membuat kita malas menggunakan komputer atau laptop yaitu jika tiba-tiba komputer atau laptop menjadi hang.
Permasalahan hang pada komputer memang sering terjadi, Bahkan untuk komputer dengan spesifikasi yang tinggi sekalipun bisa terjadi hang.
Penyebab/faktor komputer mengalami hang dapat disebabkan oleh dua hal yaitu :
  1. Faktor kerusakan software.
  2. Faktor kerusakan hardware.

17 Penyebab Komputer atau Laptop Sering Hang

KOMPUTER HANG KARENA KERUSAKAN SOFTWARE.
Kerusakan software merupakan salah satu hal yang paling umum terjadi dan paling sering menyebabkan komputer menjadi hang, Biasanya hal ini berkaitan dengan spesifikasi dari sebuah software.
Berikut adalah beberapa kerusakan software yang dapat menyebabkan komputer menjadi hang.
1. Kerusakan pada sistem operasi.
Kerusakan pada sistem operasi ini bisa terjadi karena banyak hal, Yang paling sering adalah virus dan gangguan kesehatan pada hardisk, Untuk mengecek kesehatan pada hardisk silahkan baca artikel berikut Cek kesehatan hardisk menggunakan hardisk sentinel.
2. Cache registri yang terlalu banyak.
Cache registri merupakan sisa dari memory yang digunakan oleh software untuk dapat berjalan didalam komputer, Biasanya ada beberapa registri cache registri yang memberatkan sehingga dapat menyebabkan komputer menjadi hang.
3. Spesifikasi dari software yang terlalu berat atau tinggi.
Salah satu hal yang menyebabkan komputer menjadi hang adalah spesifikasi dari sebuah software, Hal ini juga memiliki kaitan yang erat dengan spesifikasi hardware pada komputer atau laptop sobat.
Biasanya spesifikasi dari software yang terlalu tinggi akan menyebabkan komputer sulit untuk menjalankan program tersebut dan apabila dipaksakan akan menyebabkan komputer menjadi hang.
Untuk menghindari hal tersebut, Maka gunakanlah software yang memiliki spesifikasi sesuai dengan komputer sobat atau sobat dapat meng-upgrade pada hardware komputer sobat.
4. Virus.
Virus merupakan salah satu penyebab umum yang menyebabkan komputer menjadi hang, Biasanya sebuah virus masuk kedalam komputer kita melalui transfer file dari flashdisk, Transfer file antar komputer, jaringan LAN atau internet, Masuk melalui email, Hasil download sofware yanf telah terinveksi virus dan masih banyak lagi.
Virus dapat menyebabkan komputer menjadi lemot karena memberatkan sistem, Bahkan beberapa jenis virus mampu menghapus file sistem sehingga dapat menyebabkan komputer menjadi hang.
5. Masalah pada driver komputer.
Driver komputer adalah software yang sengaja diinstal agar beberapa hardware dalam komputer seperti audio, display, dan sebagainya dapat bekerja, Gangguan pada software driver dapat menyebabkan komputer menjadi hang karena tidak normalnya suatu hardware, Apalagi jika driver yang kita instal mengalami crash.
6. Missing files.
Missing files merupakan salah satu hal yang jarang terjadi namun dapat menyebabkan terjadinya hang pada komputer. Missing file merupakan kondisi dimana satu atau lebih file didalam software atau sistem operasi hilang dari direktori. Hilangnya file tersebut bisa disebabkan banyak hal, Salah satunya adalah virus.
7. Browser.
Komputer yang hang dapat disebabkan oleh browser saat kita sedang melakukan akses ke internet.
Browser mengkonsumsi memory yang sangat besar, Besarnya penggunaan memory oleh browse saat sedang berselancar diinternet dapat menyebabkan komputer menjadi lemot dan hang.
8. Software crash.
Software atau aplikasi yang crash adalah faktor yang sering saya temui yang menyebabkan komputer menjadi hang.

KOMPUTER HANG KARENA KERUSAKAN HARDWARE.
Kerusakan pada hardware komputer dapat menyebabkan sistem operasi aau software yang sedang kita gunakan mengalami mal fungsi dan menyebabkan komputer sobat menjadi hang, Berikut adalah beberapa kerusakan hardware yang dapat menyebabkan komputer sobat menjadi hang.

1. Kerja prosessor yang berat.
Prosessor merupakan otak dari sebuah komputer, dimana semua hal yang bisa dilakukan oleh komputer psti menggunakan kepintaran dan kecepatan sebuah prosessor. Namun terkadang prosessor sering kali mengalami overheat karena terlalu berat bekerja, hal ini akan menyebabkan komputer menjadi mudah mengalami hang dan lemot.

2. Kapasitas ram yang terlalu kecil.
Kapasitas ram yang kecil akan menyebabkan kemampuan membaca dan menyimpan memory dari suatu software yang sedang berjalan akan berkurang, dan efeknya dapat menyebabkan komputer atau laptop menjadi lemot dan mengalami hang.

3. Hardisk yang terlalu penuh.
Hardisk yang terlalu penuh, Terutama ketika hardisk tersebut menjadi satu dengan sistem operasi juga merupakan salah satu penyebab komputer menjadi hang. Hal ini terjadi karena ruang penyimpanan yang sangat terbatas sehingga membuat sistem operasi juga tidak dapat bekerja secara maksimal.

4. Badsektor pada hardisk.
Badsektor merupakan komdisi dimana sebuah hardisk mengalami kerusakan sehingga hardisk tidak dapat bekerja secara optimal, Biasanya badsektor disebabkan karena hardisk mengalami guncangan, terjatuh atau pemakaian yang tidak benar.
Jika badsektor terjadi disektor yang terinstal sistem operasi dapat menyebabkan sistem operasi tidak bekerja secara optimal dan bisa menyebabkan komputer menjadi hang. Silahkan baca artikel berikut untuk memperbaiki badsektor pada hardisk " Cara memperbaiki badsektor pada hardisk menggunakan hiren boot cd ".

5. Kerusakan pada chipset motherboard.
Kerusakan pada chipset motherboard hampir mirip dengan kerusakan pada CPU atau prosessor, Kerusakan pada chipset dapat menyebabkan komputer sobat menjadi hang.

6. Kerusakan pada VGA card.
VGA card merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sebuah komputer, Terdiri dari VGA onboard dan VGA addon atau offboard, Keduanya sama-sama memiliki potensi dapat menyebabkan komputer menjadi hang.
Kerusakan pada VGA card dapat menyebabkan grafis pada komputer menjadi kacau dan komputer bisa saja tidak dapat menampilkan display apa-apa pada layar monitor.

KOMPUTER HANG KARENA JARINGAN
Jaringan komputer adalah salah satu penyebab yang tidak terduga dari komputer yang sering hang, Berikut adalah penyebab komputer yang hang karena jaringan komputer.

1. DDOS.
DDOS merupakan singkatan dari Distributed Denial Of service, Serangan DDOS dapat menyebabkan komputer menjadi hang dan tidak dapat diakses, Terutama jika sobat menggunakan IP public.

2. Hardware jaringan yang bermasalah.
Hardware jaringan yang bermasalah akan menyebabkan routing dan koneksi di komputer sobat tidak berjalan dengan normal dan terkadang menyebabkan komputer menjadi bermasalah.

3. Koneksi internet.
Koneksi internet dapat menyebabkan masalah pada komputer sobat, Loading data yang lemot saat sobat menggunakan internet melalui browse bisa menyebabkan komputer hang dan masalah lainnya, terutama jia web yang sobat akses memiliki data yang besar serta mengandung malware.
Silahkan baca artikel berikut untuk mengatasi hang pada komputer "Cara mengatasi komputer yang hang".‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎­‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎­‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎­‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎­‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎­‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎­‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎­‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎­‎‎‎‎‎‎
Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT!
cobain open source project rancangan ane mas bro >

IT Tools Pack Solution

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

#SalamSatuTeknologi
Loading...