asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Instal ulang sistem operasi windows adalah sebuah usaha untuk memasukkan kembali semua file sistem operasi kedalam sebuah path/drive tertentu pada hardisk sehingga komputer dapat beroperasi kembali secara normal, Hal ini dilakukan ketika windows mengalami kerusakan atau sebagian filenya hilang.

Apa alasan system operasi windows harus diinstal ulang?
Banyak alasan mengapa sistem operasi windows kita perlu diinstal ulang, Diantaranya ialah :
  1. Komputer tidak mau start/bermasalah.
  2. Hard drive penuh.
  3. terlalu banyak error.
  4. Upgrade atau downgrade sistem.
  5. Kinerja komputer melambat.
  6. Windows terinveksi virus.
  7. Mengganti atau berpindah sistem operasi.
Setelah kita melakukan proses instal ulang tentunya akan mendapatkan system operasi yang masih fresh, dan belum terinstal apa-apa didalam sistem operasi windows tersebut selain program atau aplikasi bawaan dari windows tersebut.

Sebenarnya apa saja sih yang wajib diinstal setelah kita melakukan proses instal ulang?. Buat sobat yang masih binggung, Silahkan baca penjelasan berikut mengenai software yang wajib diinstal setelah melakukan proses instal ulang.

1. Anti virus.
Menurut saya, Software yang pertama kali diinstal setelah melakukan proses instal ulang adalah anti virus yang ter-update, Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah jika ada virus yang terdapat pada drive D atau drive E masuk kembali ke drive C yang secara default sebagai tempat terinstalnya sistem operasi windows.
Silahkan sobat baca artikel berikut untuk membaca kumpulan antivurs dalam negeri maupun antivirus luar negeri.

  1. Kumpulan antivirus indonesia.
  2. Daftar antivirus luar negeri terbaik.


2. Driver
Hal kedua yang perlu dilakukan setelah selesai melakukan proses instal ulang adalah menginstal driver-driver dari hardware yang terpasang di PC atau laptop seperti driver vga, sound, dan lain-lain.
Setelah semua driver terpasang, Sebaiknya cek terlebih dahulu driver yang terpasang untuk memastikan apakah pemasangannya sudah benar atau belum. Contohnya jika sobat memasang driver sound/audio tentunya setelah selesai memasang, Sobat cek dengan memutar musik apakah sudah ada suara yang keluar atau belum.

3. Microsoft office.
Software microsoft office merupakan salah satu software yang wajib terinstal pada sebuah PC atau laptop, Apalagi jika sobat adalah seorang penulis atau mahasiswa, Tentu pemasangan software microsoft office wajib dipasang di komputer atau laptop sobat.
Jika sobat belum mampu membeli software microsoft office yang harganya relatif mahal, Sobat bisa menggunakan software freeware seperti open office yang tentu fungsinya sama seperti microsoft office.

4. Winrar.
Software winrar merupakan sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh eugene roshal, Winrar termasuk salah satu software yang wajib terinstal pada sebuah komputer. Apalagi saat ini banyak orang yang share aplikasi atau lainnya ke internet yang sudah dimasukan ke dalam winrar, hal itu bertujuan agar aplikasi yang kita share aman dari malware.

5. Browser.
Sebenarnya dalam bundle sistem operasi windows sudah terpasang web browser yaitu internet explore atau yang sekarang bernama microsoft edge, Akan tetapi web browser bawaan dari windows tersebut dirasa kurang dalam hal kecepatan dan lainnya sehingga kita perlu menginstal web browser yang lainnya seperti google chrome, mozilla dan lain-lain.
Silahkan baca artikel berikut untuk meng-unduh web browser pililhan sobat, Kumpulan web browser terbaru.

6. Software multimedia.
Software multimedia biasanya digunakan sebagai software file pemutar multimedia seperi musik dan video. Banyak pilihan software pemutar multimedia yang ada diinternet saat ini diantaranya ialah :
1. VLC Media Player.
2. GOM Player.
3. Winamp.
4. iTunes.
5. K-lite codec pack
6. Dan lain-lain.
Silahkan baca artikel berikut untuk membaca penjelasan mengenai aplikasi pemutar video terbaik, Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk komputer.

7. Software Maintenance.
Salah satu tujuan instal ulang windows adalah untuk mengembalikan performa PC agar maksimal dan tidak lelet lagi, Dan untuk menjaga agar performa dari windows yang kita instal tetap stabil diperlukan software maintenance yang berfungsi untuk memastikan peforma dari windows tetap terjaga. Banyak software maintenance yang bisa sobat instal dikomputer sobat, Diantaranya adalah :
1. CCleaner.
2. Auslogics Disk Defrag
3. Auslogics Duplikate file finder.

8. PDF Reader.
Meski software yang satu ini tidak sering digunakan, Nyatanya file berbentuk .pdf sering kita temui apabila saat kita membutuhkan modul atau tutorial yang biasanya berbentuk pdf. Software yang sering digunakan untuk membuka file berbentu pdf ialah adobe reader.

9. Software grafis.
Buat sobat yang pekerjaannya berhubungan dengan desain, Pasti software desain grafis merupakan salah satu software yang wajib terinstal dikomputer. Ada banyak pilihan software desain grafis yang bisa sobat instal, Diantaranya ialah :
1. Adobe photoshop
2. Corel draw.
3. AutoCAD.
4. Dan lain-lain.

10. Software downloader.
Software yang terakhir yang perlu diinstal dikumputer ialah software downloader, Downloader merupakan aplkasi untuk membantu kita saat akan meng-unduh file atau dokument tertentu yang akan kita unduh/download.
Salah satu software yang menjadi favorite orangorang dalam hal membantu mengunduh file atau dokumet ialah IDM(Internet Download Manager). Selain mudah digunakan, Software IDM juga bisa menambah kecepatan unduh saat digunakan.

terima kasih omm ilmuny sangat bermanfaat buat saya yang masih baru belajar teknisi komputer
This comment has been removed by the author.
Loading...