asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer-Jaringan komputer adalah sebuah sistem atau rangkaian yang terdiri dari 2 komputer atau lebih dimana antara satu komputer dengan komputer lainnya saling terhubung oleh sebuah sistem komunikasi, Sehingga setiap komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut dapat saling tukar-menukar data, Program, dan sumber daya lainnya seperti media penyimpanan, Printer dan lain-lain.

Berikut beberapa contoh manfaat dari jaringan komputer.
1. Mempermudah komunikasi.
2. Dapat berbagi perangkat keras komputer seperti printer, Media penyimpanan, dan lain-lain.
3. Dapat saling berbagi software maupun sumber daya lainnya.
4. Dapat saling berbagi akses internet.
5. Proses pengiriman data lebih cepat dan efisien.

Secara umum, Kita mengenal 5 macam jenis jaringan komputer yaitu LAN (Local Area Network), MAN(Metropolitan Area Network), WAN(Wide Area Network), Internet dan juga wireless.
Konsep dari jenis-jenis jaringan komputer yaitu untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan agar dapat saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya, Namun hal yang membedakan adalah letak geologis-nya dan teknologi yang digunakan. 

Berikut Jenis-jenis jaringan komputer berdasar letak goelogis dan teknologi yang digunakan.

BERDASARKAN JANGKAUANNYA.
1. LAN (Local Area Network) 
Pengertian dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Local Area Network atau yang biasa disingkat LAN merupakan jaringan yang hanya dapat mencakup wilayah kecil seperti warnet, kantor, ataupun sekolah. Umumnya jaringan LAN luas jangkauan areanya tidak lebih dari 1km persegi.
Umumnya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Eternet yang memiliki kecepatan transfer data sekitar 10, 100 hingga 1000 Mb/s. 
Selain menggunakan teknologi Eternet, Sekarang sudah banyak pula yang telah menggunakan teknologi wireless berbasis LAN.

2. MAN (Metropolitan Area Network).
Pengertian dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Metropolitan Area Network atau yang disingkat MAN merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup satu kota, Dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi.
Bisa dikatakan bahwa jaringan MAN ialah gabungan dari beberapa jaringan LAN.
Jangkauan dari jaringan MAN dapat berkisar 10-50 Km, MAN hanya memiliki satu ataupun dua kabel serta tidak dilengkapi dengan element switching yang berfungsi menciptakan rancangan agar menjadi lebih simple.

3. WAN (Wide Area Network).

Pengertian dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Wide Area Network atau yang disingkat WAN merupakan jaringan yang jangkauannya dapat mencakup daerah geografis yang luas, seperti suatu negara bahkan hingga benua.
WAN umunya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berbada pada lokasi yang berbeda. 

BERDASARKAN MEDIA TRANSMISI.
 1. Jaringan kabel (Wired Network)
Dalam jaringan jenis ini, Media transmisi data yang digunakan berupa kabel. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar dapat saling bertukar informasi dan data atau terhubung dengan internet.
Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired network ialah kabel UTP, Silahkan baca artikel berikut untuk penjelasan mengenai kabel UTP Bahas Tuntas Pengertian Kabel UTP, Fungsi dan Jenis-Jenisnya.


2. Jaringan nirkabel (Wireless Network).
Pengertian dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Dalam jaringan ini, Media transmisi data yang digunakan berupa gelombang eletromagnetik. Berbeda dengan jaringan kabel (wired network), Jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi atau data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik guna mengirimkan sinyal informasi atau data antar komputer satu dengan komputer lainnya.

BERDASAR HUBUNGAN VIA KOMPUTER
1. Jaringan Client-Server
Jaringan Client-Server merupakan jaringan yang terdiri dari satu atau lebih komputer server serta komputer client, Biasanya terdiri dari satu komputer server dan juga beberapa komputer clinet.
Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, Sedangkan komputer client hanya bisa menggunakan sumber daya data yang telah disediakan oleh komputer server.

2. Jaringan Peer to Peer
Jaringan peer to peer merupakan jaringan yang masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client memiliki kedudukan yang sama, Komputer client bisa menjadi komputer server dan juga bebaliknya komputer client bisa menjadi komputer server.













 .



Loading...