asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Back panel atau yang biasa disebut dengan panel belakang adalah bagian dari motherboard yang memungkinkan sobat menghubungkan perangkat eksternal seperti monitor, speaker, keyboard dan mouse. Port pada back panel yang ada pada motherboard memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda-beda, mungkin sobat soy media hanya mengenal beberapa macam saja meski sering melihat akan tetapi tidak tahu nama dan fungsinya untuk apa.
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan fungsi dan nama-nama port pada back panel yang ada pada motherboard, Berikut penjelasannya :

Fungsi Masing-Masing Port di Back Panel Motherboard

  1. PS/2 Keyboard, Port ini disebut juga dengan port serial  tipe 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard.
  2. PS/2 Mouse, Port ini disebut juga dengan port serial tipe 2 yang digunakan untuk menghubungkan mouse.
  3. USB Connector, Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau pheriperal lainnya seperti mouse usb, keyboard usb, card wireless dan lain sebagainya.
  4. S/PDIF, Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer dengan pheriperal audio seperti home theater.
  5. RS-232 Serial (COM), Port ini berfungsi standart komunikasi serial yang digunakan untuk koneksi pheriperal ke pheriperal, Biasanya disebut dengan jalur I/O (input/output). contoh yang paling sering kita temui adalah koneksi antar komputer dengan modem atau komputer dengan mouse, bahkan bisa juga antara komputer dengan komputer, Semua bisa dihubungkan lewat jalur port serial RS232.
  6. USB 3.0 connector, Port usb 3.0 memiliki kemampuan data transfer rate 10 kali lipat kecepatan dari usb 2.0, Sehingga usb 3.0 ini mendapat julukan SuperSpeed USB. Selain kecepatannya yang meningkat pesat ternyata usb 3.0 mendukung versi sebelumnya.
  7. Network Connector, Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (Jaringan LAN)
  8. External SATA (eSATA), Port ini berfungsi menghubungkan hardisk eksternal dengan komputer.
  9. HDMI Video Connector, Port ini berfungsi untuk menghubungkan beberapa peralatan elektronik mulai dari home entertaiment sampai komputer tertapi bedanya HDMI bisa menggantikan fungsi beberapa kabel sekaligus.
  10. VGA, Port ini berfungsi untuk menginstal komponen graphic card(Video Card), Pada komputer modern umumnya berupa slot dengan intewrface PCI-Express. Pada motherboard high end bisa menampung sampai 3 slot graphic card.
  11. IEE1394 (Firewire), Port ini berfungsi untuk mendukung 800mb/s untuk kecepatan tinggi untuk kamera video eksternal dan disk drive eksternal.
  12. SVIDEO OUT Connector, Port ini berfungsi sebagai sambungan kabel dan konnector untuk peralatan elektronik seperti (TV, VCR, DVD Player) yang terdiri dari 2 kabel sinyal, yaitu sinyal video analog dan sinyal audio/suara.
  13. DVI Connector, Port ini berfungsi untuk menghubungkan sumber video seperti display controller untuk perangkat layar atau monitor komputer yang dikembangkan dengan tujuan menciptakan standart industri untuk transfer video digital.
  14. Audio Connector, Soket ini berfungsi sebagai perangkat audio pada komputer, Pada motherboard standart terdiri dari 3 colokan, Masing-masing colokan/soket memiliki warna yang berbeda-beda dan fungsi yang berbeda pula.
  • warna hijau berfungsi sebagai audio output
  • warna biru input line berfungsi sebagai input line microphone 
  • warna merah audio line in berfungsi memasukkan suara/audio dari luar komputer.
   15. Parallel LPT Connector, Port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta pherperal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel.
   






Loading...