asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Cara Memperbaiki Error A Disk Read Error  Occurred di Komputer-Pesan error pada komputer dengan peringatan "A Disk Read Error Occurred, Press Ctrl+alt+Del to Restart" mungkin pernah sobat alami ketika sedang proses booting ke windows.
Banyak hal yang menyebabkan hal ini terjadi, dan buat sobat soy media yang saat ini sedang mengalami permasalahan seperti itu alangkah baiknya jangan terburu-buru dibawah ke teknisi komputer karena bisa saja penyebab munculnya permasalahan seperti itu disebabkan oleh masalah yang sepele.
Silahkan sobat simak artikel berikut ini untuk mengatasi peringatan error "a disk read error occurred", semakin sobat banyak belajar semakin banyak ilmu.
Sebelum mulai memperbaiki masalah pada komputer sobat, Ada baiknya mengetahui dulu penyebab dari error " A disk read error occurred ".

Cara Memperbaiki Error A Disk Read Error  Accurred di Komputer

Berikut penyebab dari masalah "a disk read error occurred "

  • Hardisk tidak terbaca oleh bios.
  • Hardisk error (badsektor).
  • Windows bermasalah.
  • Kabel hardisk kendor.
Berdasar pengalaman yang pernah saya alami, permasalah seperti itu sering di akibatkan oleh faktor hardware, Terkadang juga disebabkan oleh windows yang error karena rusaknya file boot pada windows.
Untuk mengatasi masalah tersebut lebih baik sobat cek terlebih dahulu dari faktor hardware, Berikut cara mengatasi " A disk read error occurred ".

1. Cek hardisk dan kabelnya.
Untuk pengecekan pertama jika terjadi masalah seperti ini adalah cek kabel SATA atau IDE dari hardisk ke motherboard, Kabel yang kendor pemasangannya atau rusak menyebabkan kegagalan sitem dalam membaca Os yang ada didalam hardisk.
Cabut kabel dan pasangkan kembali kabel hardisk dan pastikan juga memasangnya dengan baik dan benar

2. Cek badsektor hardisk.
Bad sektor yang terjadi di awal sektor hardisk bisa menyebabkan kerusakan pada file booting windows yang menyebabkan proses booting dari hardisk tidak normal, untuk mengecek kondisi kesehatan hardisk bisa dibaca ada artikel berikut Cek Kesehatan Hardisk menggunakan Hardisk Sentinel.    
dan untuk cara memperbaiki badsektor pada hardisk silahkan baca artikel berikut Cara Cek dan Memperbaiki Badsektor Pada hardisk menggunakan Hiren Boot CD

3. Reset BIOS.
Pengaturan di bios juga dapat menyebabkan timbulnya masalah ini, Ada baiknya sobat lakukan reset bios ke pengaturan awal yaitu dengan cara tekan F12 atau Dell saat booting untuk masuk ke pengaturan bios (cara masuk ke menu bios berbeda-beda tergantung jenis bios dan merk/brand untuk laptop), Setelah masuk ke bios sobat dapat memilih menu "Load Optimized Default".

Cara Memperbaiki Error A Disk Read Error  Accurred di Komputer

Sobat juga dapat mereset bios dengan cara mencabut baterai cmos yang ada di motherboard, Setelah baterai cmos dicabut dari motherboard, Sobat tekan tombol power selama 10-15 detik dengan kondisi kabel power belum tercolok, Tujuannya agar tidak ada lagi sisa arus yang ada pada kapasitor. Setelah itu sobat masukkan lagi baterai cmos ke tempat semula, Colokkan kabel power dan masuk ke menu bios untuk mengatur ulang pengaturan dasar seperti waktu, tanggal dan lain lain.

4. Repair Windows.
Jika langkah-langkah sebelumnya sudah dilakukan akan tetapi masalah masih belum terpecahkan, Ada kemungkinan penyebabnya adalah pada sistem operasi yang error, Untuk mengatasinya sobat jangan terburu-buru untuk melakukan instal ulang, Langkah awalnya ialah dengan me-repair windows.
Untuk melakukan perbaikan windows diperlukan CD instalasi dari windows tersebut, Lakukan proses seperti akan instal ulang windows akan tetapi pada langkah awal pilih menu Repair windows instalation bukan instal windows.

5. Perbaiki Booting Windows.
Mungkin saja penyebab sistem gagal membaca hardisk sobat dikarenakan masalah bootmgr yang gagal di awal saat menjalankan proses POST sebelum berhasil masuk kedalam jendela windows.
Solusinya adalah dengan me-repair startup nya atau meng-copy bootmgr pada installer windows.

6. Instal Ulang Windows.
Jika memang penyebab masalah a disk read error occurred adalah pada sistem operasinya dan sobat telah melakukan langkah-memperbaiki dengan repair windows atau memperbaiki booting windows tetapi belum membuahkan hasil, Jalan terakhir adalah dengan menginstal sistem operasi tersebut, Proses instal ulang merupakan cara yang paling ampuh untuk memperbaiki masalah tersebut karena data sistem operasi sobat akan dihapus dan digantikan dengan sistem operasi windows yang baru, Untuk cara instal ulang silahkan sobat baca artikel berikut Panduan Lengkap Instal Ulang Windows 10.

7. Bawa ke Teknisi Komputer yang Handal.
Jika semua langkah telah dilakukan dan berbagai trik telah dicoba akan tetapi masih timbul masalah seperti itu maka sebaiknya bawa ke tukang service yang handal, Teknisi komputer yang handal lebih berpengalaman dalam mendiagnosa kerusakan pada komputer atau laptop sobat.

Loading...