asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Penyebab dan Cara Mengatasi Disk Boot Failure, Insert System Disk And Press Enter-Komputer merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan satu dengan lainnya, Sehingga jika ada salah satu komponen dari komputer bermasalah atau rusak tentunya membawa masalah pada sebuah komputer, Misalnya komputer tidak mau menyala sama sekali, Sering restart sendiri atau bisa juga tampil peringatan "disk boot failure" pada layar monitor dan masih banyak lagi masalah-masalah yang ada pada komputer.
Pada artikel kali ini saya akan membahas secara jelas dan lengkap mengenai peringatan "Disk boot failure, insert system disk and press enter" yang tampil pada layar monitor ketika pertama kali komputer dinyalakan.
Penyebab dan Cara Mengatasi Disk Boot Failure, Insert System Disk And Press Enter

Permasalahan seperti ini memang sering bikin kita pusing, bukan hanya untuk orang yang awam tentang komputer, Para teknisi komputer pun sering dibikin pusing karena banyaknya faktor penyebab yang mempengaruhi hal tersebut.
Disk boot failure, insert system disk and press enter ialah kegagalan kegagalan membaca disk(dalam hal ini adalah hardisk) sehingga komputer tidak dapat masuk ke sistem(windows, linux, dll) yang telah terinstal didalam hardisk.
Ada beberapa penyebab kegagalan booting/ membaca hardisk, berikut penyebab disk boot failure dan cara mengatasinya. 

1. Hardisk bermasalah/Error
Hardisk yang bermasalah/error adalah faktor utama penyebab masalah ini.
Penyebab disk boot failure bisa dikarenakan hardisk rusak atau tidak terbaca sama sekali, Badsektor pada hardisk, Kesalahan setting 1st boot dibios atau bisa juga karena salah memasang jumper hardisk pada komputer yang memiliki dua hardisk pada sebuah komputer.
Untuk mengatasi penyebab tersebut, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Cek pada bios, apakah hardisk terbaca atau tidak oleh bios.
  • Cek kabel SATA/IDE hardisk, hardisk yang tidak terbaca oleh bios bisa dikarenakan pemasangan kabel SATA/IDE yang belum benar, misalnya masih kendor.
  • Cek kondisi kesehatan hardisk apakah ada badsektor atau tidak, Badsektor pada hardisk dapat menyebabkan sistem operasi(windows, linux, dll) menjadi error, Untuk mengecek badsektor pada hardisk silahkan baca artikel berikut Cara cek dan memperbaiki badsektor pada hardisk menggunakan hiren boot CD atau pada artikel berikut Cek kesehatan hardisk menggunakan hardisk sentinel.
  • Cek jumper yang ada pada hardisk, Kesalahan pemasangan jumper master dan slave pada komputer yang memakai 2 hardisk bisa menyebabkan disk boot failure. Pastikan jumper hardisk yang terinstal windows pada posisi master dan hardisk tambahannya pada posisi slave.
  • Cek 1st boot di bios apakah mengarah ke hardisk atau tidak, Pada beberapa kasus yang saya alami posisi 1st boot di bios bukan mengarah ke hardisk melainkan ke USB Flashdisk yang masih tertancap pada komputer, Segera lepaskan Usb Flashdisk jika tertancap di komputer sobat.

2. OS (Operation System) ERROR/BERMASALAH
Sistem Operasi(windows, linux, dll) yang error menyebabkan komputer tidak bisa booting secara normal yang berakibat "disk boot failure", Untuk mengatasi hal ini sobat dapat merepair sistem operasi tersebut tapi jika tidak dapat direpair/di perbaiki sebaiknya diinstal ulang sistem operasi komputer sobat, Cara instal ulang windows bisa dibaca disini Panduan instal ulang windows 10.

3. FITUR SMART DI BIOS AKTIF
SMART(Self Monitoring Analisis and Reporting Teknologi) adalah teknologi yang berfungsi mendiagnosa kondisi hardisk, Jadi fitur SMART akan mendiagnosa hardisk saat komputer dinyalakan, Jika hardisk rusak maka fitur SMART akan menghentikan booting melalui hardisk.
Akan tetapi terkadang fitur SMART melakukan proses diagnosa yang terlalu agresif, Jadi bisa saja SMART menonaktifkan hardisk meskipun masih dalam kondisi baik, Coba matikan terlebih dahulu fitur SMART melalui bios, Jika masih error berarti bukan pada fitur SMART yang bermasalah.

4. KERUSAKAN PADA POWER SUPPLY

Penyebab dan Cara Mengatasi Disk Boot Failure, Insert System Disk And Press Enter

Kerusakan pada power supply dapat mengakibatkan komponen-komponen lain bermasalah, kerusakan yang dimaksud ialah turunnya tegangan pada power supply sehingga mengakibatkan arus listrik ke hardisk menjadi berkurang, Hal ini menyebabkan hardisk tidak dapat bekerja, Untuk mengecek kerusakan pada power supply silahkan baca artikel berikut Cara cek kerusakan pada power supply
Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT
cobain open source project rancangan ane mas bro.. >

IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

=> Tersedia Reward menarik untuk yang ingin sedikit berkontribusi
Loading...