6 Cara Mengamankan Akun Facebook Agar Tidak di Hack Atau Di Bobol

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak peminatnya dan sudah dipastikan kidz jaman now memiliki akun facebook bahkan ada yang lebih dari satu akun facebook.
Banyaknya pengguna facebook membuat para hacker(ngaku-ngaku hacker, script kidz, noob, newbie) suka iseng mengetest sistem keamanan sebuah akun facebook, Entah karena ingin dianggap sebagai hacker atau hanya ingin sekedar melakukan penetrasi testing(pentest) kepada akun facebook.
6 Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak di Hack Atau Di Bobol
Baca juga: Membuat Akun Facebook Tanpa Nama 100% Work
Karena hal itulah kita perlu mengamankan atau melindungi akun facebook kita dari serangan hacker, Silahkan sobat ikuti tips dibawah ini dan dijamin akun facebook sobat aman dari tindak kejahatan para hacker.

1. Aktifkan 2 langkah verifikasi
Untuk mengaktifkan tips ini silahkan simak uraiannya berikut ini.
a. Silahkan sobat login ke akun facebook sobat terlebih dahulu kemudian masuk ke "Pengaturan"-->"Pengaturan akun"-->"Keamanan dan info masuk"
Didalam menu "Keamanan dan info masuk" aktifkan opsi "Dapatkan peringatan tentang masuk tidak dikenal".
6 Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak di Hack Atau Di Bobol

b. Masih di menu "Keamanan dan info masuk" silahkan sobat klik opsi "Gunakan autentikasi dua-faktor" kemudian klik "Tambahkan Telepone".
6 Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak di Hack Atau Di Bobol

Kemudian masukan nomor ponsel sobat dan klik "Lanjutkan".
6 Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak di Hack Atau Di Bobol

Kemudian akan tampil halaman konfirmasi nomor yang ada, Masukkan kode yang dikirim facebook ke nomor ponsel sobat dan klik "Konfirmasi".
6 Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak di Hack Atau Di Bobol

Tips ini sangat bermanfaat jika ada orang atau hacker yang akan login ke akun facebook sobat akan dimintai kode konfirmasi ke nomor ponsel sobat terlebih dahulu sebelum bisa mengakses beranda facebook sobat.

2. Sembunyikan identitas pribadi sobat dan berhenti memberi data pribadi akun sobat ke orang lain.
Banyak para hacker yang memanfaatkan kelemahan dari pengguna akun facebook seperti memberikan data-data tentang akun facebook sobat kepada orang yang tidak dikenal dan tidak dipercaya, karena adanya sedikit celah bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk meng-hack akun facebook sobat.

3. Terapkan kata sandi yang rumit dan hindari penggunaan password kombinasi tanggal, bulan dan tahun serta penggunaan pasword ber-urutan.
Penggunaan kata sandi yang rumit akan menyulitkan hacker mengetahui password facebook kita dengan metode hash dan penggunaan kata sandi yang berurutan seperti "1234", "12345", "qwerty", dan "asdfg" serta penggunaan kata sandi kombinasi tanggal lahir, bulan dan tahun sangat memudahkan hacker dalam me-random sebuah password facebook.

4. Waspadai web Phising
6 Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak di Hack Atau Di Bobol
Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target, Metode yang digunakan dari web phising ialah menjebak korban untuk masuk di halaman login facebook palsu atau face login yang nantinya email dan password akan tersimpan dalam web phising tersebut dan akun sobat bisa diambil alih.
Teknik web phising ini sedang marak dilakukan oleh para hacker karena sistem keamaan facebook sudah semakin baik.

5. Hati-hati dengan teknik engineering
Sosial engineering merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya dengan cara meminta informasi langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi itu.
Sosial engineering mengkonsentrasikan diri pada rantai terlemah jaringan komputer yaitu manusia, dan parahnya lagi celah keamanan ini bersifat universal tidak tergantung platform, system operasi, protokol, software maupun hardware. Jadi buat sobat yang pernah merasa memberikan password dan email facebook secara sukarela kepada orang lain, Kemungkinan besar telah terkena teknik sosial engineering.

6. Aktifkan kontak terpercaya atau Trusted contacts
Cara lain untuk membuat akun facebook sobat aman adalah dengan mengaktifkan trusted contacts atau kontak terpercaya, Sobat dapat memilih 3-5 teman terpercaya dari teman-teman facebook sobat.
Pilihlah teman dekat dan yang paling mudah dihubungi, berikut langkah-langkahnya:
- Masuk ke akun facebook sobat, Kemudian klik"Pengaturan"-->"Pengaturan akun"-->"Keamanan dan info masuk", Didalam menu "Keamanan dan info masuk" pilih opsi "Pilih 3 hingga 5 teman untuk dihubungi jika anda terkunci diluar akun".
6 Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak di Hack Atau Di Bobol

Pilihlah minimal 3 akun facebook teman sobat untuk membantu sobat jika suatu saat akun facebook sobat terjadi masalah dikemudian hari.

Related Posts

6 Cara Mengamankan Akun Facebook Agar Tidak di Hack Atau Di Bobol
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
September 15, 2018 at 8:42 AM

terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2NNBmDX

Reply