Pengertian Dan Jenis-Jenis Malware Komputer

Pengertian Dan Jenis-Jenis Malware Komputer-Semakin pesatnya perkembangan teknologi pada komputer, semakin besar pula bahaya yang mengancamnya, salah satu ancamannya adalah malware, sebenarnya malware itu apa?

Malware (singkatan dari istilah Bahasa Inggris malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi melalui script yang disisipkan secara tersembunyi oleh pembuatnya.
pengertian dan jenis jenis malware ada komputer

Baca juga:  Cara menghapus malware HI RU
Malware masuk ke komputer melalui jaringan internet, meskipun banyak juga yang masuk ke komputer melalui perantara lainnya seperti usb flashdisk, memory card, dll, Pada dasarnya malware adalah program berbahaya dan tidak diinginkan yang dapat merusak sistem komputer, menghambat akses internet dan yang paling berbahaya yaitu mencuri informasi seperti password dan no kartu kredit kita.
Malware sendiri terdiri dari berbagai jenis, berikut jenis jenis malware

1. Virus
Virus komputer adalah salah satu jenis malware yang menyerang file eksekusi(.exe) yang akan menyerang dan menggandakan diri ketika file yang telah terinveksi virus dijalankan, Malware jenis ini bertujuan untuk merusak komputer yang telah terinveksi, Virus sangat sering menyerang file eksekusi/executable (*.exe, *.com, *.vbs), jadi sangatlah wajar jika virus hanya dapat aktif setelah pengguna menjalankan sebuah program (yang telah terinfeksi). Jika tidak dijalankan, maka virus belum tentu akan muncul. Namun tidak semua virus seperti itu, ada juga virus yang memiliki kemampuan lebih dalam menyerang sebuah komputer.

2. Worm
Worm merupakan sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri.Worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability, Worm memiliki karakteristik yang hampir sama dengan virus, bedanya kalau virus bergantung pada program tetapi kalau worm tidak, karena worm adalah sebuah program yang berdiri sendiri tanpa bergantung pada suatu program untuk sarang penyebarannya. Worm dapat menginveksi berkas dalam sistem komputer dengan lebih baik (merusak) dibanding virus.


3. Trojan
Trojan atau Trojan Horse adalah program yang diam-diam masuk ke komputer kita, kemudian memfasilitasi program lain misalnya virus, sypware, adware. keylogger dan malware lainnya untuk masuk, merusak sytem, memungkinkan orang lain meremote komputer dan mencuri informasi seperti password atau nomor kartu kredit kita, Trojan Horse sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah:

  • Remote Access Trojan(RAT).
  • Data Sending Trojan.
  • Proxy trojan.
  • Security software disabler Trojan.
  • DoS attack

Baca juga : Kumpulan Anti Virus Local Free

4. Rootkit
Rootkit merupakan program yang menyusup kedalam system komputer, bersembunyi dengan menyamar sebagai bagian dari system (misalnya menempel pada patch, keygen, crack dan game), kemudian mengambil alih, memantau kerja sistem yang disusupinya. Rootkit dapat mencuri data yang lalu-lalang di jaringan, melakukan keylogging, mencuri cookies akun bank dan lain-lain, buat sobat soy media berhati-hatilah menggunakan program-program seperti patch, keygen, crack, dll.

5. Adware
Adware adalah iklan yang dimasukan secara tersembunyi oleh pembuat program, biasanya pada program yang bersifat freeware untuk tujuan promosi atau iklan.


6. Spyware
Spyware adalah program yang bertindak sebagai mata-mata untuk mengetahui kebiasaan pengguna komputer dan mengirimkan informasi tersebut ke pihak lain. Spyware biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan, Spyware merupakan turunan dari adware (perangkat lunak beriklan), yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).

7. Keylogger
Keylogger merupakan sebuah program yang dapat memantau penekanan tombol pada keyboard, sehingga orang lain dapat mengetahui password dan informasi apapun yang kita ketik.

8. Phising
Phising merupakan cara untuk mencoba mendapatkan informasi seperti username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik, Komunikasi yang mengaku berasal dari populer situs web sosial, situs lelang, proses pembayaran online atau IT administrator biasanya digunakan untuk memikat publik agar tidak curiga.
Phishing biasanya dilakukan melalui e-mail spoofing atau pesan instan, dan sering mengarahkan pengguna untuk memasukan rincian disebuah website palsu yang tampilan dan nuansa yang hampir sama dengan aslinya.   
Baca juga:  Daftar Anti Virus Luar








Related Posts

Pengertian Dan Jenis-Jenis Malware Komputer
4/ 5
Oleh

4 komentar

Tulis komentar
avatar
October 29, 2017 at 5:55 AM

cara bersihin trojan gimana ya? tiap kali buka laptop selalu ada peringatan virus ini. btw kapan" mampir ke blog ane ya. septinowibowo.id

Reply
avatar
October 29, 2017 at 3:47 PM

ake av yang update gan,, siap tak kunjungi balik gan

Reply
avatar
January 10, 2018 at 8:59 PM

gan, mau nanya nih. malware bahaya nggak sih? dan kalau udah dihapus urlnya di properties browser. aplikasi yang mbawa malware itu apa nggak bakal jadi masalah?
makasih mohon jawabannya gan?

Reply
avatar
soy
January 11, 2018 at 8:57 AM

malware= malicious software(software berbahaya), pasti berbahaya gan sesuai dengan namanya.. tp klo udh bener2 dhapus ya ga pa2 gan klo dh bener2 ilang dibrowser.. tp ada walware yang tidak terlalu berbahaya, mereka cuma mencari keuntungan lewat iklan aja contoh adware,tapi tetep saja mengganggu....mayoritas malware yang sengaja dipasang di aplikasi ya berbahaya.. apalagi malware jenis rootkit, spyware..

Reply