asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Sebagai seorang pemula yang ingin belajar menjadi teknisi komputer, minimal kita mengetahui dasar-dasar dari komputer baik itu dari hardware komputer maupun software komputer, dan merakit komputer merupakan dasar dari keahlian seorang teknisi komputer, artikel kali ini admin akan menjelaskan langkah-langkah merakit komputer, pada penjelasan kali ini sobat soy media diasumsikan tidak memiliki pengetahuan sebelumnya dalam hal merakit komputer dan artikel kali ini diharapkan bisa menambah pengetahuan sobat soy media tentang komponen-komponen yang terdapat didalam komputer/PC dan juga tentunya sobat bisa merakit komputer sendiri.

LANGKAH 1
Sebelum merakit komputer, persiapkan terlebih dahulu komponen-komponen yang dibutuhkan seperti :
- Casing Komputer
- Motherboard/ Mainboard 
-  Procy/ Prosessor/ CPU
- PSU/Power Suply Unit
- Monitor
- Headsink fan/ HSF 
- Ram/ Memory
- VGA card (jika tidak ada VGA internal)
- Speaker
- HDD/ Hardisk
- DVD/CD
- Mouse
-Keyboard
- Thermal Pasta/ Thermal grease
selain komponen yang telah disebutkan diatas, siapkan juga cd driver yang dibutuhkan dan juga cd sistem operasi serta software yang dibutuhkan.

LANGKAH 2 
Memasang procy, HSF dan RAM
Pasang Procy/prosessor, HSF dan ram ke motherboard, cara pemasangannya adalah sebagai berikut :
a. buka pengunci socket procy pada motherboard
b. pasang procy ke motherboard (catatan : perhatikan bahwa prosessor mempunyai tanda pada salah satu sudutnya biasanya ditandai dengan lekukan, lubang atau anak panah).
c. cocokan tanda tersebut dengan tanda yang ada pada soket prosessor

d. kemudian kunci kembali soket tersebut dengan cara menekan tuas kebawah dan mengaitkan pada pengunci yang ada

LANGKAH 3
Memasang CPU cooller/ HSF
a. siapkan CPU cooller/HSF dan thermal pasta/ thermal grease
b. lapisi permukaan prosessor yang sudah terpasang dan permukaan HSF menggunakan thermal pasta

 c. pasang HSF tepat diatas procy yang sudah terpasang dan kencangkan pengait yang ada pada HSF ke motherboard
d. hubungkan daya yang ada pada HSF ke motherboard


LANGKAH 4- memasang RAM
langkah selanjutnya adalah memasang RAM, cara memasangny adalah sebagai berikut :
a. perhatikan slot RAM sobat, apakah sudah sesuai dengan jenis RAM yang sobat gunakan.
b. jika sudah sesuai, pasang RAM ke slot  RAM yang ada pada motherboard.
c. kemudian klik pengait pada masing-masing ujung slot RAM.

LANGKAH 5 
Memasang motherboard
Untuk memasang Motherboard pada casing yaitu letakkan motherboard pada tray casing dan sesuaikan lubang antara casing dan lubang motherboard, lalu kunci dengan sekrup.

LANGKAH 6 
Memasang PSU/Power Supply Unit
Biasanya kalau kita membeli casing pasti power supply sudah terpasang. Nah apabila power supply belum terpasang caranya memaangnya yaitu :
a. Letakkan power supply pada tempatnya yang ada dibelakang casing, lalu kunci dengan sekrup.
s. Pasang konektor power dari power supply ke motherboard berikut kabel-kabelnya



LANGKAH 7
Memasang hardisk

Tahap selanjutnya memasang Harddisk dan pastikan tipe Harddisk bisa di hubungkan dengan motherboard. Saat ini Harddisk ada dua jenis yaitu Harddisk SATA dan ATA. Perbedaan SATA dan ATA ada pada kabelnya, ATA harus menggunakan kabel IDE yang bentuknya lebar dan SATA menggunakan kabel kecil. Selain menggunakan Harddisk anda juga bisa menggunakan SSD, tapi disini saya tidak menjelaskan tentang SSD, yang pastinya kinerja komputer jauh lebih cepat jika menggunakan SSD dan harga pun juga lebih mahal daripada Harddisk. Biasanya orang menggunakan SSD untuk komputer gaming.
cara memasangnya adalah sebagai berikut : 
a. aturlah jumper pada hard disk. Jumper ini ada di bagian belakang hardisk dan memiliki tiga sampai lima pasang pin. Bila hardisk yang akan Anda pasang cuma satu, maka setlah jumper ke posisi "MASTER". Jika ada dua hardisk, maka cabut jumper hard disk ke dua dan posisikan sebagai "SLAVE". Petunjunk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas hardisk.
b. Pasang kabel data SATA pada port data di belakang hardisk. Pemasangannya tidak sulit. Cocokkan saja ujung kabel dengan port data di hardisk, jadi tidak mungkin terbalik. Lalu, pasang ujung satunya dari kabel data tersebut pada port SATA 1 atau primary SATA pada Motherboard. Cara pemasangannya sama dengan pemasangan ke hardisk  
c. Kemudian letakkan hardisk pada tempat yang sudah disediakan di casing, biasanya ada beberapa slot, kemudian kencangkan dengan skrup yang tersedia. Setelah itu pasanglah kabel power dari Power Supply ke Hardisk. Jika Power Supply Anda model lama yang tidak mempunyai kabel power untuk SATA, Anda bisa menggunakan kabel power Konverter (lihat gambar). 
  

LANGKAH 8
Memasang CD/DVD DRIVE
Untuk memasang drive seperti harddisk, CD-ROM/DVD-ROM caranya yaitu :
a. Masukkan drive dari depan casing. Atur dulu settingan jumper (sebagai master atau slave) pada drive, lalu pasang sekrup supaya drive tidak lepas.
b. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primer yang dipakai lebih dulu)
c.Apabila kabel IDE terhubung pada 2 (dua) drive, setting jumpernya yaitu drive pertama disetting sebagai master dan satunya lagi sebagai slave.
d. Dan konektor IDE sekunder pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
e. Sambungkan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive.


LANGKAH 9
Memasang adapter
Untuk Card Adapter yang bisanya dipasang adalah sound, video card, modem dan SCSI adapter. Cara pemasangannya yaitu : masukkan Card Adapter pada slot yang tersedia di motherboard, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup sebagai penahan card.


LANGKAH 10
Merakit kabel komputer
Setelah semua komponen komputer terpasang, langkah selanjutnya adalah merakit kabel-kabel komputer, baik kabel I/O, kabel hardisk, kabel CD ROM, Kabel power CPU dll. Anda cukup memperhatikan gambar berikut ini untuk panduan sobat memasang kabel-kabel untuk merakit komputer Anda.
 Sebaiknya sobat benar-benar memperhatikan langkah yang satu ini, karena ini merupakan salah satu yang paling central dalam merakit komputer, jika kabel yang Anda hubungkan ternyata salah maka akan berakibat fatal. Akan tetapi sobat tidak perlu khawatir berlebihan, setiap kabel sudah disetting sedemikian rupa agar berbeda dengan yang lain, jadi sobat tinggal mencocokkan saja dengan colokannya. Berikut adalah beberapa gambar untuk merakit kabel-kabel komputer.


 LANGKAH 11
Menginstal sistem operasi sesuai kebutuhan.
Setelah sobat selesai merakit komputer, langkah terakhir yang harus dilakukan agar komputer bisa sobat gunakan dengan baik adalah mengistall Sistem Operasi (Operating System). Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau Hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak atau Software.

Sistem Operasi juga bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.

Untuk jenis-jenis sistem Operasi yang digunakan komputer secara umum terbagi menjadi 3 kelompok yaitu Keluarga Microsoft, Keluarga UNIX dan Keluarga Mac OS. Untuk penginstalan Sistem Operasi sebaiknya sobat sesuaikan dengan kebutuhan sobat. Jika sobat masih awam mengenai Sistem Operasi sebaiknya sobat gunakan Sistem Operasi dari Keluarga Microsoft, karena Sistem Operasi ini masih paling  familiar dan banyak digunakan oleh semua kalangan. Akan tetapi jika sobat ingin mencoba Sistem Operasi dari keluarga UNIX dan Mac OS juga tidak ada salahnya. Hanya saja mungkin sobat butuh sedikit Tutorial Belajar Komputer, agar sobat dapat Mengoperasikan Komputer Dengan Baik dan Benar.

 


sama2 gan,,, smoga bermanfaat
This comment has been removed by the author.
mantap informasinya gan
http://obatlukadiabetes.xyz
Loading...