asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Mengatasi VGA yang Over Heat--Artikel kali ini akan saya share cara mengatasi vga card yang over heat, artikel kali ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang pernah menangani vga card yang over heat atau panas yang berlebih, vga card yang over heat bisa menyebabkan artifak atau bisa menyebabkan BSOD.
Mengatasi VGA yang Over Heat

Penanganan pertama jika vga card over heat adalah dengan cara membersihkan vga dan menambahkan thermal pasta, atau juga mengganti kipas vga dengan kipas 3third-party, akan tetapi jika cara-cara sederhana diatas tidak juga bisa mengatasi masalah pada vga card, bisa menggunakan cara sebagai berikut :

PERAHATIAN!! SAYA TIDAK DAPAT MENJANJIKAN 100% TRIK INI DAPAT BERHASIL, LAKUKAN DENGAN HATI-HATI DAN RESIKO DARI TRIK INI ANDA TANGGUNG SENDIRI.

Pemanasan vga card menggunakan hot air gun atau blower
cara kerja alat ini adalah dengan meniupkan udara panas yang mampu mencairkan timah, sehingga hanya dengan memanfaatkan uap panas yang ada kita dapat menyambungkan suatu komponen ke sebuah PCB.
apabila kita mempunyai alat tersebut kita dapat mencoba menggunakannya, adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan hot air gun.
  • Set suhu pada 100 C.
  • Set agar hembusan angin tidak terlalu kencang agar ketika hawa panas menerpa PCB, sehingga tidak ada komponen yang akan mungkin terlepas karena kencangnya hembusan angin dari hot air gun yang kita gunakan. 
  • Lepaskan heatsink atau pendingin yang ada pada vga card.
  • Lindungi bagian yang mungkin akan terbakar atau meleleh sewaktu melakukan proses ini, misalnya kapasitor atau konektor plastik. untuk melindunginya anda dapat menggunakan plat seng tipis yang disesuaikan denga kebutuhan. 
  • Berikan cairan flux pada chip memory dan pada chip vga.
  • Panaskan bagian chip memory dan chip vga yang sudah diberi cairan flux.
  • Jangan terlalu lama melakukan hal ini, kerena tujuan utama kita adalah hanya untuk memanaskan kembali kaki sambungan chip yang terhubung ke pcb. agar solderan tersebut dapat menempel erat kembali.
Mengatasi VGA yang Over Heat

  • Tunggu beberapa saat hingga vga card menjadi dingin.
  • Setelah dingin kita pasang kembali perlengkapan VGA tersebut  (solder kembali kapasitor pada tempatnya, jangna lupa kutub positif dan negatifnya. pasang kembali heatsink pada tempatnya dan konektor yang sebelumnya kita lepas) dan uji pada komputer kita.
Tutorial diatas juga bisa diterapkan pada vga yang mati total, tapi cara diatas tidak 100% berhasil mengatasi masalah overheat.
Loading...