asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Membuat menu autorun pada  CD atau DVD--Pasti diantara sobat-sobat forum komputer ada yang pernah menjalankan CD/DVD game dan setelah dimasukkan akan langsung tampil menu autoplay, banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat menu tersebut? sebenarnya membuat menu seperti itu pada sebuah CD atau DVD tidak lah sesulit yang dibayangkan, kita hanya memerlukan sebuah software untuk melakukan proses tersebut, dan software untuk membuat menu autorun pada CD/DVD sangat banyak, diartikel kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah cara membuat menu autorun pada CD/DVD :


  • Download dan instal software Ashampo My Auto Play Menu Disini.
  • Setelah diinstal kemudian jalankan softwarenya, maka akan tampil gambar seperti dibawah ini.

Penjelasan : 

  1. Stand alone (default) = tampilan menunya seperti menu autorun yang beredar, misal saat kita akan menginstal sebuah game maka muncul menu seperti Instal, readme, exit dll.
  2. Browser Based = tampilan menu seperti browser.
  3. Title = Memberikan nama pada sebuah CD/DVD.
  4. Background Musik = fungsinya ketika kita memasukkan sebuah CD/DVD akan ada musiknya, max 30 detik yang diputar secara berulang-ulang.
  5. Icon = berfungsi sebagai logo pada sebuah CD/DVD



  • Kemudian klik "Next" maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


  • Jika ingin membuat sebuah folder silahkan klik "New Folder", kemudian jika ingin memasukan file/data kedalam folder silahkan klik foldernya lalu klik add files, dan jika ingin menambahkan folder yang sudah terisi file/data silahkan klik "Add Folder", kemudian cari direktorinya, jika sudah kemudian klik "Next", contoh : saya memasukkan lagu-lagu mandarin.



  • Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini, gambar dibawah ini merupakan splash screen, disini kita bisa menggunakan splash screen yang sudah disediakan oleh softwarenya, atau kita bisa menambahkan gambar yang ada pada hardisk kita, selain gambar kita juga bisa memasukkan teks, dengan cara klik kanan pada gambar kemudian pilih insert-text, jika sudah silahkan klik "Next".


  • Tahap selanjutnya adalah menu utamanya.


Catatan :   a. Sobat bisa menggunakan theme dan layout yang sudah disediakan.

b. Bisa juga memodifukasi sendiri tampilan menunya, dengan menggunakan tools yang ada dibawah ini.

 Keterangan :

  1. New Button  : Membuat button yang dibutuhkan , setelah itu letakkan button sesuai keinginan sobat.
  2. New Image   : Memasukkan gambar atau image.
  3. Background : Menjadikan gambar atau image menjadi background pada menu.
  4. New Teks      : Memasukkan teks sesuai kehendak.
  5. New Shape   : Memasukkan shape ke menu


c. Fungsi Button : jika sudah membuat button, saatnya memberi aksi pada menu button tersebut, maksudnya memberi aksi adalah saat button tersebut diklik lalu button tersebut memberikan aksi bisa berupa menjalankan suatu aplikasi dll, untuk memberikan aksi pada button tersebut bisa dengan meng-klik 2kali button tersebut lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


Sekarang saya akan menjelaskan menu pada menu button setelah diklik 2X (lihat gambar diatas).

  1. Execute a file : jika mengklik suatu button yang diberi aksi ini maka button akan menjalankan suatu file.
  2. Open a folder : membuak suatu direktori folder yang dikehendaki.
  3. Change aktif page : untuk membuka halaman selanjutnya atau halaman sebelumnya, bisa juga diset menuju ke halaman baru yang telah kita buat, untuk membuat halaman baru akan dibahas selanjutnya.
  4. Open a website : menuju ke halaman website yang telah kita setting sebelumnya.
  5. Send a email : untuk mengirim email.
  6. Quit program : untuk keluar dari program.

  • Sebelumnya telah dibahas mengenai menu change aktif page, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat halaman selanjutnya, alasan dibuat halaman selanjutnya mungkin karena keterbatasan layout  yang kurang untuk menempatkan button-button, untuk membuat halaman baru bisa dengan create new page, pilih theme dan layout yang dikehendaki dan berikan nama pada layout yang telah dibuat untuk mempermudah mengenalinya kemudian klik "Ok".


Jika sudah dibuat menu-menunya, selanjutnya kita bisa mempreview hasilnya dengan mengklik menu "Preview Page", selanjutnya hasilnya bisa kita burn kedalam CD/DVD, copy ke dalam hardisk atau kedalam flashdisk.

Selamat mencoba sob.
Loading...