asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Mengatasi touchpad yang kurang responsif-Perangkat komputer portable seperti netbook atau juga notebook sekarang sudah menjadi primadona buat kalangan yang menyukai hal-hal yang praktis, bisa dibawa kemana, ditambah lagi laptop sekarang sudah memiliki spek game/spec dewa.

Bagi sobat yang memliki laptop atau netbook mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu perngkat laptop yang bernama touchpad, fungsi touchpad sendiri sebenernya sama dengan mouse komputer yaitu bagian dari perangkat komputer yang berfungsi menggerakkan kursor, tidak seperti mouse konvensional kalau rusak bisa langsung diganti, pada touchpad jika terjadi masalah seperti touchpad kurang responsif bisa menjadi masalah apalagi jika tidak mempunyai mouse cadangan buat pengganti touchpad.

Baca juga : Pengertian mouse komputer dan jenisnya.
Mungkin sebagian dari sobat forum komputer tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada satu hal mendasar yang bisa Anda coba lakukan ketika touchpad sobat tidak merespon yaitu dengan menekan tombol FN + F7 atau FN+F9 Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktikan perangkat touchpad, Perlu sobat ketahui bahwa untuk beberapa merek komputer memiliki beberapa tombol berbeda untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad, antara lain komputer Mac menggunakan "F2", komputer Acer menggunakan "F7", komputer Toshiba menggunakan "F9", komputer Asus menggunakan "F3" ,"F7", atau "F9" komputer Dell menggunakan "F7", dan komputer Lenovo menggunakan F6.
Cara mengatasi touchpad yang kurang responsif

Baca juga : Fungsi dan bagian-bagian mouse komputer.
Jika dengan cara-cara diatas laptop sobat masih kurang responsif, coba untuk melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Kalau ada mouse eksternal yang terpasang, coba dicabut dulu kemudian direstart, kemungkinan touchpad tidak berfungsi karena ada tumpang tindih pada perangkat untuk menggerakan kursor.
  • Menghapus driver touchpad dan menginstalnya kembali, cara menghapus driver mouse/touchpad dari Device Manager dengan melakukan tahap2 sebagai berikut : masuk ke control panel –> system –> device manager. kemudian cari bagian mice and other pointing device –> klik simbol di sampingnya kemudian hapus driver yang bernama Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara arahkan pointer mouse di driver tsb –> klik kanan –> pilih delete.
  • Pastikan touchpad tidak tersetting disable/non aktif dari software touchpad bawaannya (biasanya software touchpad ini running di system tray pojok kanan bawah).
  • Gunakan System Restore. Menu ini digunakan untuk mengembalikan setiap perubahan yang disengaja ataupun tidak disengaja Anda lakukan hingga seminggu sebelumnya.

Silahkan baca artikel berikut untuk membuat restore point pada windows
Membuat restore point pada windows 7
Membuat restore point pada windows 8
Membuat restore point pada windows 10

  • Cek adapter, kasus seperti ini pernah saya temukan.
  • Coba format windows, bisa jadi windows sobat terserang virus atau sobat bisa melakukan scan terlebih dahulu, jika belum berhasil maka coba format windows sobat.
  • Mengakses bios, dengan mengakses atau membuka bios, dengan membuka bios sobat dapat mengembalikan pengaturan setting default yang telah ada sebelumnya.

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan tetapi tidak berhasil, kemungkinan ada kerusakan pada perangkat touchpad sobat, coba bawa ke service center resmi agar memperoleh hasil yang memuaskan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
cek adapter, kasus ini pernah satu kali saya temukan..saya cek tegangannya normal tapi setelah ganti adapter baru touchpad berjalan lancar.

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
cek adapter, kasus ini pernah satu kali saya temukan..saya cek tegangannya normal tapi setelah ganti adapter baru touchpad berjalan lancar.

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
cek adapter, kasus ini pernah satu kali saya temukan..saya cek tegangannya normal tapi setelah ganti adapter baru touchpad berjalan lancar.

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
Loading...