asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Penyebab Dan Cara Mengatasi CPU Usage 100%--Mungkin sobat forum komputer pernah mengalami ketika sedang asik-asiknya bermain game atau sedang menjalankan sebuah aplikasi tiba-tiba komputer hang karena terlalu lama digunakan atau terlalu banyak membuka aplikasi yang berjalan secara bersamaan, biasanya hang ini akan terjadi dan komputer akan mengalami cpu usage 100% tetapi hal ini wajar saja terjadi bila kondisinya demikian.
Tetapi pada beberapa kasus ditemukan bahwa pada kondisi komputer baru digunakan adan masih dalam kondisi idle beberapa komputer sudah mengalami 100% cpu usage walaupun hanya membuka aplikasi yang ringan saja, untuk melihat berapa besar cpu usage silahkan sobat buka aplikasi taks manager atau menggunakan shortcut dengan menekan CTRL+ALT+DELL secara bersamaan kemudian klik start taks manager kemudian sobat klik tab performance.

Penyebab Dan Cara Mengatasi CPU Usage 100%


Untuk mengatasi hal ini saya akan share cara mengatasi cpu usage 100% :

1. Cek suhu CPU dengan cara melihat melalui bios, pastikan suhu pada CPU dalam keadaan normal antara 45C-55C, jika suhu CPU melebihi dari kondisi normal maka coba periksa kinerja CPU fan, Bersihkan dan jika perlu tambahkan lagi termal pasta, Untuk cara masuk ke bios sobat bisa baca artikel berikut cara setting bios.

2. Scan komputer sobat dengan antivirus, anti malware atau lainnya, pastikan antivirus sobat sudah terupdate.

3. Matikan semua program yang tidak terlalu penting pada saat komputer dinyalakan dengan mengakses program startup, cara membuka program start up adalah klik "run" ketikkan "msconfig" tanpa tanda petik kemudian tekan Ok, pada tab start up hilangkan tanda centang pada program yang ingin dimatikan pada proses booting.

4. Perbaiki registri yang error, bila sobat tidak begitu paham cara memperbaiki registri secara manual sebaiknya menggunakan software untuk memperbaiki registri yang error.

5. Matikan program yang sedang berjalan, Kadang kita tidak menyadari terdapat program yang berjalan sendiri tanpa sepengetahuan sobat dan justru memakan banyak memory, biasanya pada windows terdapat sebuah program svchost.exe yang berjalan hingga beberapa aplikasi biasanya aplikasi ini virus/palsu, tapi jika ingin mematikan program svchost.exe sebaiknya lebih berhati-hati karena ada yang asli dan ada yang palsu jika komputer sobat terinveksi virus yang menyamar sebagai program svchost.exe.
Sekian tutorial kali ini, selamat mencoba dan semoga bermafaat buat sobat forum komputer.
       
Loading...