asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Jenis jenis kerusakan pada vga--VGA adalah Video Graphic Adapter atau biasanya disebut dengan GPU(Graphic Processing Unit) dan fungsi utama dari VGA adalah sebagai pemproses grafik yang akan ditampilkan oleh layar monitor, kadang disaat kita memainkan game-game, pada layar monitor muncul kotak-kotak, nah itu adalah alah satu dari berbagai macam kerusakan yang ditimbulkan oleh VGA.
Di tutorial kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis kerusakan pada VGA dan cara mengatasinya, kita langsung saja sob berikut penjelasannya :

1. GPU ARTIFACTS
              
Jenis jenis kerusakan pada vga

Lihat gambar diatas, VGA yang terkena masalah ini maka gejalanya akan timbul kotak-kotak pada layar monitor bahkan bisa juga terjadi pada seluruh layar monitor seperti gambar diatas, masalah seperti ini terjadi karena panas yang berlebih pada sebuah GPU.
Solusi untuk masalah ini adalah dengan memeriksakipas/Fan GPU yang ada pada VGA kita, periksa apakah Fan/kipas pada GPU berjalan dengan normal atau tidak, atau dengan cara menurunkan Clock GPU

2. TINDED SCREEN

Jenis jenis kerusakan pada vga
Gambar diatas menunjukan kerusakan karena tinded screen, hal ini ditandai dengan warna pada layar monitor menjadi kurang cerah atau bahkan berubah warna, masalah ini biasanya terjadi pada monitor CRT.
Solusinya adalah dengan bersihkan kabel konector dan atur kecerahan pada monitor, jika tidak bisa diatasi berarti kesimpulannya terdapat kerusakan pada hardware monitor.

3. BUS ARTIFACTS

Jenis jenis kerusakan pada vga
                 
Masalah Bus Artifacts hampir sama dengan Gpu artifacts, jika Monitor sobat mengalami seperti gambar diatas, kemungkinan VGA sobat mengalami BUS ARTIFACTS, masalah ini biasanya dialami oleh VGA slot AGP, masalah ini terjadi ketika VRAM menyimpan data dimemory utama PC dan terjadi conflik/crash ketika proses pemindahan data dari memory utama ke memory VGA.
Solusinya adalah dengan menurunkan AGP 8X ke AGP 4X, tapi untuk saat ini memory untuk jenis slot AGP sudah jarang digunakan.

4.  VIDEO RAM ARTIFACTS

Jenis jenis kerusakan pada vga
               
Masalah jenis ini hampir sama dengan Bus Artifacts tapi biasanya terjadi pada jenis vga dengan slot PCI-E, artifacts memory video dapat menyebabkab beberapa keanehan pada grafis yang ditampilkan tetapi hanya terjadi pada beberapa objek saja, VRAM berperan dalam menampilkan grafik yang disebut dengan frame buffer, fram buffer inilah yang berfungsi menyimpan gambar yang telah diproses, jika frame buffer tersimpan pada memory yang buruk maka artifacts seperti gambar diatas akan terjadi.
Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti dengan VGA yang baru atau sebelumnya bisa dicoba melakukan undervolting pada VGA.

5. DVI CORUPTION

Jenis jenis kerusakan pada vga

Masalah ini biasanya menunjukan garis-garis vertikal atau horisontal, beberapa solusi dari masalah ini adalah :

  • Coba ganti kabel DVI.
  • Update display driver.
  • Gunakan redured blanking.
  • Gunakan kabel yang lebih pendek.
  • Turunkan refresh rate

Sekian dulu tutorial kali ini, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat-sobat forum komputer.