asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Cara Mengatasi Gagal Instal Windows 7 Via USB--Selamat siang sobat forum komputer, kali ini saya akan membahas mengenai masalah saat akan menginstal windows 7 via USB flashdisk, masalah ini saya alami sendiri dan akan share cara mengatasinya berdasarkan pengalaman dari saya sendiri, masalah saat menginstal windows via usb flashdisk yaitu tiba-tiba muncul peringatan "LOAD DRIVER" A Required CD/DVD Device Driver Is Missing yang artinya pada proses instal windows gagal menemukan driver yang diperlukan dalam proses instalasi atau windows meminta driver terlebih dahulu. (lihat gambar dibawah ini).

mengatasi gagal instal windows
  
Baca juga: Menampilkan Menu NTFS Saat Memformat Flashdisk
Di pembahasan kali ini saya akan membahas penyabab dan cara mengatasi masalah tersebut, cara mengatasi masalah ini berdasarkan pengalaman dari saya sendiri, jika sobat-sobat sudah melakukan perbaikan berdasar penjelasan dari saya tetapi belum juga berhasil, mungkin ada penyebab lain.

Berikut Faktor Penyebab dan Solusi dari Masalah Tersebut.

1. Silahkan cek pengaturan dibios.
Sobat coba cek pengaturan pada bios dengan menekan tombol F1, F2, F10, tombol Delete, ESC atau dengan tombol kombinasi FN+F2 tergantung dari merk bios atau laptop/netbook sobat, setelah masuk ke bios silahkan sobat klik menu Booting pilih boot device priority setting sesuai dengan device yang sobat gunakan untuk proses instal windows, karena disini saya menjelaskan cara mengatasi masalah instalasi windows via usb flashdisk maka sobat pilih boot device priority ke Usb Flashdisk, langkah selanjutnya klik menu advance kemudian ubah driver dari SATA ke AHCI atau matikan menu SATA alihkan ke AHCI kemudian "save" dan restart laptop/netbook sobat, kemudian silahkan lakukan lagi proses instalasi windows.


2. Kurangnya catu daya listrik yang diperlukan oleh device instalasi.
Solusinya adalah dengan pindahkan device satu persatu, misalnya jika sobat menggunakan DVD RW internal sobat bisa menggunakan flashdisk, atau jika menggunakan flashdisk tetapi masih keluar peringatan ("LOAD DRIVER" A Required CD/DVD Device Driver Is Missing) pindahkan flashdisk ke port yang lain.

3. Faktor penyebab gagalnya proses instalasi windows bisa disebabkan oleh rusaknya file instalasi windows yang sobat gunakan, solusinya dengan buat cd instalasi yang baru.

4. Kompabilitas port usb dari laptop/komputer yang kita instal.
Saat ini hampir semua laptop baru menggunakan port usb 3.0 sedangkan usb flashdisk yang kita gunakan hanya suport usb 2.0 kebawah, solusinya pindahkan flashdisk kita ke port yang lain.

Baca juga: membuat video dari foto dengan windows movie maker
Dengan cara-cara diatas semoga sobat-sobat forum komputer yang mengalami masalah seperti saya bisa terpecahkan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

memang menyebalkan kalau install laptop sampai gagal, apalagi sudah lama prosesnya ....
Gan saya mau Tanya dong. Kan saya may install ulang, nah pas install ulang Kan pcnya restart sendiri, tapi masalahnya pc saya habis restart gak mau nyala lagi. Udah saya ulangi berkali Kali tetep aja sama. Mohon solusinya dong gan. Makasih
saran saya untuk test kerusakan kondisi seperti itu pasang 3 komponen utama dlu, mobo+ram+procy kemudian.. coba nyalakan... jk tidak tampil apa2 dilayar monitor brarti ada masalah di psu, ram, mobo atau procy... cek satu per satu komponen tsb, mulai dari yg termudah itu ram nya... kl ada 2 ram yg terpasang, test satu per satu rammny sob... silakan tanyakan kembali jika belum berhasil
Loading...