Selamatkan data menggunakan recovery toolbox free

Selamatkan data menggunakan recovery toolbox free--Mungkin sebagian dari kita banyak yang menyimpan file atau data-data penting didalam sebuah CD/DVD, dan mungkin juga karena alasan lebih aman dari virus karena sudah diburning didalam sebuah CD/DVD daripada disimpan didalam hardisk atau media penyimpanan lainnya yang lebih rentan terhadap virus dan croni-croninya, tapi fisik dari CD/DVD mempunyai batas usia dimana suatu saat nanti akhirnya akan rusak juga atau CD/DVD tersebut rusak tanpa diduga, sehingga file-file/data-data yang kita simpan di CD/DVD tidak dapat diakses lagi, apalagi jika file-file tersebut sangat penting seperti file kantor, file video kenangan pernikahan dll.
Untuk saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi penyelamat data CD/DVD yang rusak, yang berbayar ada dan yang gratisan juga banyak, kali ini saya akan share cara mengembalikan data yang ada di dalam CD/DVD menggunakan software Recoverry Toolbox free.

Berikut langkah-langkahnya :

1. download dulu software Recovery Tools box free disitu resminya DISINI
2. Jika telah selesai download, silahkan instal file instalernya yang bernama cdrecoverytoolboxfree.exe

SELAMATKAN DATA MENGGUNAKAN RECOVERY TOOLBOX FREE
3. Setelah selesai menginstal, jalankan aplikasi tersebut sambil memasukan CD/DVD yang akan diselamatkan datanya kedalam tray CD/DVD drive.

4. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela utama pada layar, secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi secara otomatis data yang ada didalam cakram/piringan dist tersebut.

5. Pilih nama CD/DVD yang muncul pada layar program, kemudian klik "next".

6. Pada jendela selanjutnya "target directory", tentukan folder untuk menyimpan data hasil penyeamatan dengan mengklik icon gambar "folder" diatas menu "source drive", cari dan pilih folder penimpanan pada jendela browse for folder, jika sudah kemudian klik "Ok"
SELAMATKAN DATA MENGGUNAKAN RECOVERY TOOLBOX FREE
7. Pastikan informasi di "source drive" dan "target drive" sudah bener, kemudian klik "next" lagi.

8. selanjutnya program akan mendeteksi isi didalam CD/DVD baik itu file maupun folder, sobat forum komputers bisa menyelamatkan semua data yang ada dengan mencentangi semua directory optik atau dengan klik "check all", tetapi jika hanya ingin menyelamatkan beberapa data saja, hilangkan centang directory optik, kemudian centang folder atau file yang dikehendaki saja, kemudian klik "save".

SELAMATKAN DATA MENGGUNAKAN RECOVERY TOOLBOX FREE

9. Proses penyelamatan data akan ditunjukan dengan munculnya jendela "restore log" dan proses yang menunjukan file-file yang sedang diambil kembali.


  •    Catatan : File yang berhasil diselamatkan akan ditandai dengan keterangan "save" berwarna hijau.
  • File yang gagal diselamatkan, akan ditandai dengan warna merah

SELAMATKAN DATA MENGGUNAKAN RECOVERY TOOLBOX FREE

10. Pada proses terakhir akan muncul keterangan semua file berhasil diselamatkan kembali dari CD/DVD yang rusak, akhiri dengan mengklik "exit".

Sekian dulu sobat forum komputer, semoga penjelasan dan langkah-langkah cara menyelamatkan data dari CD/DVD yang rusak bisa bermanfaat buat sobat-sobat forum komputer semuanya.
 





Related Posts

Selamatkan data menggunakan recovery toolbox free
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Anonymous
October 29, 2015 at 8:58 PM

mkasih mas, sangat membantu sekali

Reply