Cara Partisi Hardisk Tanpa Software

Cara Partisi Hardisk Tanpa Software--Hardisk merupakan sebuah perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan dalam sebuah komputer, Kita sering mendengar kata partisi hardisk, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan partisi hardisk?????
partisi hardisk tanpa software


Partisi hardisk merupakan bagian-bagian ruang hardisk, Biasanya kita membagi kapasitas yang ada dihardisk menjadi beberapa bagian, Bagian-bagian inilah yang disebut dengan partisi hardisk, Tujuannya adalah agar kita lebih mudah dalam memanagent data dan agar penggunaannya lebih efisien.
Saat kita membeli hardisk baru biasanya masih dalam 1 partisi, kita bisa mempartisi hardisk tersebut menjadi beberapa bagian lewat proses instal windows, atau menggunakan bantuan software dan bisa juga menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh windows yaitu diskpart, dalam tutorial kali ini saya akan mempartisi hardisk dari windows tanpa menggunakan software, tetapi menggunakan program disk management yang sudah ada pada sistem windows.

Kita langsung saja langkah-langkahnya :

1. Klik kanan My komputer lalu pilih "manage".

2. Kemudian klik pada "computer management", maka akan muncul tab baru, ditab tersebut pilih "storage" kemudian klik "disk management".

partisi hardisk tanpa software

3. Maka akan muncul menu hadisk dan media lainnya seperti DVD Room dan lainnya yang ada pada komputer sobat.

4. Kemudian pilih hardisk , lalu pilih drive mana yang ingin dirubah kapasitasnya/ukurannya, disini saya memilih drive  D yang akan saya bagi menjadi 2 partisi.

5. Klik pada drive D kemudian klik kanan dan pilih "shrink volume" untuk mempartisi.

cara partisi hardisk

6.setelah itu akan muncul tab baru untuk menentukan  size/ ukuran partisi baru yang ingin di buat, isi sesuai keinginan anda
lalu klik Shrink,
tunggu sampai proses partisi selesai.
Catatan : jika proses partisi berhenti atau gagal bisa ada bad sektor pada bagian hardisk, untuk mengecek apakah ada bad sektor atau tidak pada hardisk sobat, bisa dibaca pada posting ini : cara cek dan memperbaiki bad sektor pada hardisk
7. Jika sudah selesai maka akan muncul drive baru dengan nama " Unallocated", lihat gambar dibawah ini,

cara membagi hardisk

8. Drive yang baru tersebut belum bisa digunakan, kemudian klik kanan pada "Unallocated Drive", pilih New Simple Volume" klik next kemudian pilih di letter drive mana partisi baru tersebut ingin disimpan dan klik next terus sampa selesai.

9. Jika sudah selesai maka akan muncul partisi baru yang sudah siap untuk digunakan dengan nama drive dan kapasitas/ukuran yang sudah ditentukan oleh sobat.
          

Related Posts

Cara Partisi Hardisk Tanpa Software
4/ 5
Oleh