asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Setting Flashdisk Untuk Instal Ulang Windows-Tutorial kali ini saya akan membahas mengenai cara seting flashdisk untuk menginstal windows, baik itu windows 7, windows 8, maupun windows terbaru yaitu windows 10 menggunakan media flashdisk, Flashdisk pada umumnya berfungsi sebagai media penyimpanan file/data, musik, murottal dan lain lain,banyak sekali merk dan kapasitas flashdisk yang tersedia dipasaran.

Tapi seiring berkembangnya teknologi komputer, akhir-akhir ini flashdisk juga bisa digunakan sebagai media untuk proses instal ulang windows, karena untuk netbook tidak disertai dengan DVD Drive, sehingga untuk pengguna netbook sering kali mengalami kesulitan saat akan menginstal sistem operasi windows ke netbook mereka.

Selain faktor tersebut diatas, menginstal windows menggunakan flashdisk dirasa cukup praktis, Nah diposting kali ini saya akan membahas cara setting flashdisk agar bisa bootablebios untuk menginstal windows, disini saya akan memakai software RUFUS untuk membuat bootable flashdisk, karena software ini cukup sederhana, interface yang cukup friendy dan juga proses yang idak terlalu ribet.

Buat sobat forum komputer yang belum memiliki software rufus, silahkan download disitus resminya disni 
ukuran yang lumayan kecil juga menjadi pertimbangan saya untuk digunakan sebagai media bootable flashdisk, tapi jangan panik sob??? di tutorial-tutorial selanjutnya saya juga akan membahas bootable flashdisk menggunakan software lainnya.

Untuk kapasitas flashdisk juga tergantung seberapa besar ukuran dari windows yang akan kita gunakan, recomendasi dari saya flashdisk dengan kapasitas 4gb sudah cukup sob???
Langsung saja , berikut ini langkah-langkahnya :

  • Software rufus sudah didownload kan sob? kalau sudah, colokan USB flashdisk sobat ke komputer kemudian buka software rufusnya, device dari flashdisk sobat akan terdeteksi secara otomatis oleh software rufus, kemudian ganti file sistem flashdisk ke NTFS, lalu klik tombol berbentuk CD, liat gambar dibawah ini.
Setting Flashdisk Untuk Instal Ulang Windows
  • Silahkan sobat cari lokasi file sistem operasi windows sobat berada.
  • Catatan : Format file sistem windows nya harus menggunakan file .ISOJika sudah silahkan klik "Ok''.
  • Sobat juga bisa merubah nama Device nya pada "New volume label", kemudian klik "Start".

Setting Flashdisk Untuk Instal Ulang Windows

  • Kemudian akan muncul notifikasi bahwa semua data yang terdapat didalam flashdisk sobat akan diformat, jadi sebelum melakukan proses bootable flashdisk pastikan bahwa sobat sudah memback up semua data yang terdapat didalam flashdisk ke komputer atau media lainnya, selanjutnya pilih "Ok".


  • Untuk proses selanjutnya memakan waktu kira-kira 20 menit, tetapi semua itu juga tergantung berapa besar ukuran sistem operasi windows itu sendiri dan kecepatan transfer dari flashdisk yang digunakan.

Setting Flashdisk Untuk Instal Ulang Windows

  • Jika proses sudah selesai dan flashdisk sudah siap digunakan untuk media instalasi windows, yang terakhir silahkan pilih close.

Setting Flashdisk Untuk Instal Ulang Windows

Sekian dulu sob tutorial kali ini, selamat mencoba dan jika ada yang belum paham mengenai langkah-langkahnya, silahkan sampaikan melalui kolom komentar.
Loading...