Memperbaiki bad sektor menggunakan hirens boot CD

Cara cek dan memperbaiki bad sektor hardisk menggunakan hirens boot CD-Didunia maya banyak sekali blog-blog atau website yang membahas mengenai tutorial komputer, termasuk blog forum komputer ini, kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai cara cek dan memperbaiki bad sektor pada hardisk, untuk sobat yang belum tau apa itu hardisk, fungsi hardisk adalah untuk menyimpan data secara permanen kedalam sektor-sektor yang terdapat pada hardisk yang telah tersedia didalamnya untuk diread atau di write, sobat forum komputers sudah agak paham mengenai apa itu fungsi hardisk kan!

Didalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara cek dan memperbaiki bad sektor pada sebuah hardisk menggunakan Hdd Generator yang sudah dibundle didalam software hirent boot cd, perlu dijelaskan sedikit mengenai bad sektor didalam sebuah hardisk, bad sektor adalah kerusakan fisik yang tidak bisa diperbaiki dan software-software repair hardisk hanya bisa mengisolasi sehingga sistem dapat melewati pengguna di sektor yang rusak tersebut.             

Untuk para pemula yang ingin belajar menjadi teknisi komputer jangan sampai tidak memiliki software Hirent boot cd, karena fungsinya sangat banyak yang nantinya akan saya bahas satu per satu didalam blog ini, jadi jangan sampai ketinggalan membaca posting-postingan terbaru dari blog forum komputer ini yahhh!
Baca Juga : Mengembalikan File yang Terhapus Menggunakan Recuva

Kita langsung saja tutorial cara cek dan memperbaiki bad sektor pada hardisk.

  • Set dulu bios agar bisa bootable cd, agar PC sobat bisa membaca kaset Hirent boot cd, untuk cara set bios bisa dibaca disini Cara Setting Bios Bootable CD
  • Setelah set bios ke cd, masukan cd hirent dan restart komputer kemudian setelah proses post akan muncul tulisan boot from cd, sobat tinggal pencet "enter" dan setelah itu akan muncul menu seperti dibawah ini sobat pilih Dos bootCD.




  • Selanjutnya akan muncul menu dari CD hirent, seperti gambar dibawah ini.




  •  Karena disini saya akan membahas mengenai cara cek dan memperbaiki kerusakan pada hardisk, maka sobat pilih menu "hardisk tools" seperti gambar diatas selanjutnya tekan enter pada keyboard maka akan muncul menu dari "hardisk tools" , dan saya akan mengecek dan memperbaiki hardisk menggunakan aplikasi Hdd Generator , maka sobat pilih sub menu hdd regenerator seperti gambar dibawah ini :


  • Setelah itu akan muncul beberapa konfirmasi untuk memilih mouse driver,driver dan keyboard layout, pada mouse driver pilih standart dan pada driver pilih auto dan pada keyboard layout pilih US/ United State.






  • Setelah itu akan muncul konfirmasi pertanyaan apakah kita akan menjalankan hdd regenerator atau membatalkan.



  • Kemudian akan muncul tampilan list hardisk yang ada sehingga kita bisa memilih hardisk mana yang akan dicek dan diperbaiki.


  • Karena disini saya hanya menggunakan satu hardisk maka saya tidak bisa melakukan pemilihan hardisk, kemudian tekan tombol apapun untuk melanjutkan ke proses berikutnya (lihat gambar diatas).
  • Setelah itu akan muncul tampilan untuk memilih proses berikutnya yang akan dijalankan.

Keterangan : 
  1. Pilihan 1 untuk scan dan repair
  2. Pilihan 2 untuk scan tetapi tidak melakukan proses repair.
  3. Pilihan 3 untuk regenerator sektor, disini saya memilih 1 untuk melakukan scan dan repair hardisk.

                           
  • Setelah itu akan muncul tampilan pemilihan sektor pertama yang akan discan, disini kita memulai dari sektor dengan notasi (Nol), sehingga proses scan dilakukan dari sektor awal.

 
  • Tekan tombol "Enter" untuk memulai proses scan dan repair.


  • Pada gambar diatas kita bisa mengetahui informasi waktu yang diperlukan untuk proses scaning, jumlah bad sektor yang ada, jumlah sektor yang rusak dan jumlah sector yang bisa di recovery.
  • Setelah proses scaning dan repair selesai, maka akan muncul data hasil dari proses scan dan repair.


Dari gambar diatas kita bisa memilih menu yang ada, diantara adalah :
  1. Melihat hasil sektor.
  2. Daftar bad sektor.
  3. dan menu lainnya


Catatan : Bad sektor adalah kerusakan fisik yang tidak bisa diperbaiki dan software-software repair hdd hanya bisa mengisolasi sehingga sistem dapat melewati penggunaan dari sektor yang rusak tersebut.
                 

Related Posts

Memperbaiki bad sektor menggunakan hirens boot CD
4/ 5
Oleh